Why Astra is your best choice?
Your webbrowser is outdated and no longer supported by Microsoft Windows. Please update to a newer browser by downloading one of these free alternatives.
Kebutuhan gizi harian bagi tubuh bukan hanya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat, dan mineral. Tubuh Anda juga membutuhkan asupan asam amino. Salah satu jenis asam amino yang penting untuk tubuh adalah omega 3. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami manfaat omega 3 bagi kesehatan. Padahal, asupan omega 3 dibutuhkan untuk mendukung kesehatan setiap hari.

Ragam Manfaat Omega 3 bagi Tubuh

Sebelum mengenal aneka bahan makanan yang mengandung omega 3, alangkah lebih baik bila Anda mengetahui ulasan tentang manfaatnya terlebih dahulu.

Menjaga Kesehatan Otak

Asupan omega 3 ternyata penting untuk menjaga kesehatan otak. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 dalam jumlah seimbang akan membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Bukan hanya anak-anak dan orang dewasa yang butuh omega 3. Ibu hamil pun harus memperoleh asupan omega 3 yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang otak janin.

Menjaga Kesehatan Mata

Organ mata juga butuh asupan omega 3 untuk mempertahankan fungsi penglihatan. Risiko degenerasi makular, kebutaan permanen, dan gangguan kesehatan mata lainnya dapat diminimalkan bila Anda mengkonsumsi makanan kaya omega 3 secara teratur. Anak-anak yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 pun tidak gampang mengalami gangguan mata.

Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Omega 3 juga punya manfaat menakjubkan untuk menstabilkan kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Manfaat tersebut membuat omega 3 berkhasiat meminimalkan risiko penyakit jantung. Bahkan, risiko komplikasi penyakit jantung seperti stroke dan gangguan saraf pun dapat diminimalkan kalau Anda memperoleh asupan omega 3 dalam jumlah cukup.

Mempercepat Penyembuhan Radang

Bila tubuh Anda mudah mengalami radang yang tidak kunjung sembuh, kemungkinan besar Anda kekurangan asupan omega 3. Faktanya, asupan omega 3 dapat membantu mengurangi molekul penyebab radang dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan meningkat dan peradangan lebih cepat sembuh. Risiko peradangan pada bagian tubuh luar maupun organ-organ tubuh bagian dalam pun dapat diminimalkan.

Mempertahankan Kesehatan Tulang

Tubuh tidak hanya butuh asupan kalsium untuk mempertahankan kesehatan tulang. Proses penyerapan kalsium juga harus didukung asupan omega 3, sehingga tulang memperoleh asupan kalsium dalam jumlah seimbang setiap hari. Omega 3 juga efektif membantu menjaga kesehatan sendi. Agar kandungan pelumas alami pada sendi tetap terjaga dan Anda terhindar dari risiko arthritis atau penyakit sendi lainnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jangan menganggap remeh dampak buruk kurang tidur yang sering terjadi pada Anda. Kualitas tidur yang menurun dapat mempengaruhi nafsu makan, memperburuk kesehatan, dan meningkatkan risiko stres. Kalau tubuh mendapatkan asupan omega 3 dalam jumlah seimbang, kemungkinan besar kualitas tidur Anda akan kembali membaik. Tubuh akan lebih sehat dan bersemangat jika Anda memiliki waktu tidur berkualitas setiap hari.

Mengenal 5 Bahan Makanan yang Kaya Omega 3

Setelah mengetahui beragam manfaat omega 3, kini saatnya Anda mengenal aneka bahan makanan yang kaya kandungan nutrisi tersebut. Beberapa bahan makanan kaya omega 3 berikut ini pasti mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat:

Aneka Hidangan Laut

Aneka hidangan laut seperti ikan, kering, udang, dan cumi-cumi memang kaya kandungan omega 3. Jenis ikannya pun beragam, mulai dari salmon, sarden, tuna, hingga ikan kembung. Proses pengolahan hidangan laut memang mudah sehingga cocok disajikan setiap saat. Agar tidak mengandung lemak berlebihan, sebaiknya Anda mengolah hidangan laut dengan cara dibakar, dikukus, atau dijadikan sup.

Margarin

Kalau ingin bahan makanan praktis yang kaya kandungan omega 3, margarin Blue Band Serbaguna adalah solusinya. Varian margarin Blue Band yang satu ini juga diperkaya kandungan gizi lainnya, yaitu vitamin A, B1, B2, D, E, dan omega 6. Anda bisa menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk membuat sarapan, aneka masakan, dan camilan. Cita rasa dan aroma margarin Blue Band Serbaguna akan membuat kreasi makanan Anda terasa makin istimewa.

Susu dan Produk Turunannya

Selain kaya kalsium dan protein, susu dan produk turunannya juga mengandung omega 3. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk turunan susu seperti yogurt dan keju. Cita rasa produk turunan susu yang beragam memang cocok dimanfaatkan untuk membuat aneka hidangan. Keluarga pun tidak akan bosan menantikan kreasi hidangan berbahan dasar susu dan produk turunannya.

Telur Ayam

Bahan makanan yang satu ini paling sering diolah menjadi menu sarapan. Telur ayam tidak hanya kaya kandungan protein dan mineral, melainkan juga mengandung omega 3. Konsumsi telur secara teratur bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan omega 3 bagi tubuh. Cara mengolahnya pun sangat praktis dan bisa disesuaikan dengan selera keluarga.

Kacang-Kacangan

Jangan malas mengolah kacang-kacangan menjadi beragam hidangan lezat, karena kacang-kacangan tidak cuma mengandung protein dan vitamin E, tetapi juga mengandung omega 3. Sebaiknya Anda tidak terlalu sering menyantap kacang yang digoreng agar tubuh tidak menimbun asupan kalori berlebihan. Sebagai gantinya, Anda masih bisa menikmati kacang yang dipanggang atau diolah menjadi susu.
Apakah selama ini Anda dan keluarga sudah memperoleh asupan omega 3 dalam jumlah cukup? Belum terlambat untuk mencukupi kebutuhan omega 3 bagi tubuh. Mulai sekarang, mari mengkonsumsi aneka makanan yang kaya omega 3 demi menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Sumber

mediaindonesia.com/read/detail/137271-enam-makanan-penghasil-omega-3
healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3#section16
klikdokter.com/info-sehat/read/2864460/6-makanan-sumber-omega-3
Diakses pada: 22 September 2018